Pasang starter dan kabel gas Xabre di MT25

Akhirnya ada kesempatan waktu untuk pasang starter Xabre di MT25 saya. Soalnya sepengalaman saya, pasti ada aja yang kurang saat eksperimen, jadinya mesti nemuin waktu yang pas buat coba coba...

Tadinya saya kira hanya butuh starter Xabre aja gak perlu kabel gas, eh ternyata setelah orderan starter Xabre datang, baru sadar kalau di Xabre itu terpisah antara starter dan kabel gas, tidak seperti MT25 yang starter dan kabel gas jadi satu...haiyah...

Daftar parts yang saya beli buat instalasi starter Xabre di MT25:
- starter Xabre, parts number BG7-H3976-00 nama parts SWITCH, HANDLE 1
- Holder gas, parts number BG7-F6282-00 nama parts CAP, GRIP UNDER dan BG7-F6281-00 nama parts CAP, GRIP UPPER
- Kabel gas 1 set ( push pull ), parts number BG7-F6301-00 nama parts BOLT, HEX SOCKET HEAD
- baut baut holder gas ( ada 2 ), parts number 91317-05040 nama parts SWITCH, HANDLE 1
- grip gas, parts number 1CK-F6240-00 dan 20P-F6241-00 nama parts GRIP dan GRIP ASSY...kayanya sih gak perlu perlu amat karena sepertinya mirip antara MT25 dan Xabre..no partsnya juga mirip, cuma MT25 diawali kode 1WD atau 2DP...


Langkah pertama, hayuk bongkar..Kalau jok sampai panel samping sih gampanglah ya....









bugil...


Nah sekarang udah terbongkar semua bodi, mari kita copot tangki. Cukup longgarkan baut baut yang saya tunjukkan. Saya sarankan tangki dalam keadaan empty, supaya gak terlalu berat aja sih. Gak perlu juga sampai lepas selang segala, biarkan saja selang menempel biar gak repot pasang kembali...Hanya cukup geser posisi tangki supaya ada ruang cukup mengerjakan terminal kabel starter dan kabel gas di Throttle Body.





Yak digeser dikit...


Setelah tangki digeser, baru terlihat posisi terminal starter yang ngumpet..
Terminal starter MT25 berbeda dengan Xabre, nanti akan saya bahas lebih lanjut..


Kumpulan terminal...
Pilih yang saya pegang..


Terminal dan skun yang tidak umum...

Lepas kabel gas MT25 dengan melonggarkan baut baut di posisi seperti dalam foto..










Sekarang buka baut baut kabel gas di Throttle Body..
Dilihat dari atas


Longgarkan baut pengikat kabel gas


Bisa dilihat perbedaan panjang kabel gas MT25 dan kabel gas Xabre. Kalau diperhatikan, di kabel gas MT25 bagian bawah yang di mesin, ada jalur kabel gas dari metal yang sekalian berfungsi sebagai pegangan. Nah ini gak ada di kabel gas Xabre. Sepertinya pegangannya jadi satu di TB Xabre.


MT25 kiri, Xabre kanan


Siapkan juga plat besi bolong bolong yang banyak dijual di toko asesori mobil...biasanya buat pegangan tape mobil. Ini akan saya jadikan sebagai pegangan kabel gas dengan memotong seperlunya, jadi siapkan juga gergaji besi. Pilih plat besi yang agak tebal, supaya kokoh walau motongnya lebih sengsara...hehehe...


Sing ngono lho..

Nah, silakan dipotong pelat besinya seperti foto dibawah.
Saya gergaji tengahnya supaya bisa saya bengkokkan sedikit dan menyelipkan dudukan kabel gas, setelah itu ratakan kembali dan kabel gas bisa dikencangkan bautnya. 




Penampakan setelah semua dibaut


Pasang di dudukan TB dan pakai lagi baut asli MT25 untuk mengencangkan.
Karena panjang kabel gas Xabre cukup panjang, sekarang tidak masalah pakai jalur kabel gas aslinya MT25. Sebelumnya dengan kabel gas standar MT25, kabel gas mesti pakai jalur lain karena pasang riser dan ganti setang Byson. Baca disini untuk artikel ganti setang Byson dan pasang riser.

Sebelum memasang Body Starter dan Gas Assy, ada satu hal yang bikin kagok.
Ternyata posisi lubang pin Starter body MT25 berbeda dengan punya Xabre. Jadi disini bebas mau pilih solusi, solusi 1 ganti setangnya pakai punya Xabre supaya lobang pinnya pas atau solusi 2 potong dudukan pin di body starter dan body kabel gas. Ada resiko sebenarnya dengan memotong pin, yaitu body starter dan kabel gas bisa bergeser. Tapi ini bisa diakali sih.

Akhirnya saya pilih solusi 2. Kenapa? Malas aja ganti setang Xabre..saya sudah nyaman pakai setang Byson...hehehe
Untuk mengakali supaya body starter dan body kabel gas tidak bergeser, saya lapisi dulu dengan double tape 3M yang tipe VHB. Ini double tape khusus otomotif, nempelnya kuat banget dan tahan segala cuaca. Ditambah lagi dikencangkan pakai baut body starter dan baut body kabel gas, jadi insyaAllah sangat kuat tidak akan bergeser.


Pin masih ada

Pin dipotong

Pin masih ada

Pin dilenyapkan
Lapisi dulu dengan double tape 3M VHB

Tempelkan lalu pasang bautnya

Penampakan depan..lakukan hal yang sama untuk starter

Sekarang mari membahas soal perkabelan dan terminal...

Saya sudah coba ubek ubek toko online dan gak ada yang jual terminal yang sama. Mau ke Glodok tidak ada waktunya, jadinya ya sudahlah, terpaksa saya potong kabelnya. Jujur saya paling gak suka potong kabel tapi saya benar benar tidak tau dimana beli terminal dan skun yang gak umum itu..Kalau ada info kabari saya ya...

Saya sempat mikir untuk swap aja skun dari terminal Xabre ke terminal MT25, tapi beda euy...yang Xabre skunnya umum ada di toko online, yang MT25 gak tau dimana nyarinya, skun Xabre gak akan bisa masuk ke terminal MT25....Jadi dengan sangat bersedih saya potong kabel original MT25 untuk saya sambung dengan kabel Xabre...
Berbekal multimeter, saya temukan jalur kabel Engine Kill MT25 dan Xabre dan jalur kabel Switch Starter MT25 dan Xabre.
Caranya sederhana, geser multimeter ke bacaan Ohm, lalu colok ujung pin multimeter ke setiap terminal MT25. 
Saat mencari mana kabel Engine Kill switch, switch posisi Engine Kill keadaan ON...kemudian lihat multimeter..jika jarum multimeter melonjak, yang berarti ada tahanan Ohm maka dua pin terminal itu berhubungan.


Kabel Engine Kill MT25, lihat jarum multimeter melonjak
Kabel Starter MT25

Setelah menandai, kita cari lagi mana yang pin terminal untuk starter. Caranya sama tapi sekarang mesti sambil pencet tombol starter agar tahanan Ohm terbaca.
Pakai cara yang sama di starter Xabre. Setelah ditandai maka bisa kita potong lalu sambung dua starter yang beda ini.
Karena kabel kabel ini sifatnya cuma switch, maka tidak ada polaritas plus minus.
Ini contekan rangkaiannya, dilihat dari kabel Xabre ke MT25:


Abaikan sambungan kabel merah ke hijau ya, itu untuk proyek elektronik alarm saya yang lain. Sambung aja kabel coklat Xabre ke kabel merah hitam MT25

Kabel Starter:
- Sambungkan kabel biru strip putih Xabre ke kabel biru strip putih MT25
- Sambungkan kabel merah strip putih Xabre ke kabel merah strip putih MT25

Kabel Engine Kill:
- Sambungkan kabel merah strip hitam Xabre ke kabel hitam MT25
- Sambungkan kabel coklat Xabre ke kabel merah strip hitam MT25

Sepertinya tidak masalah sih terbalik selama masih dalam fungsi yang sama, contoh kabel merah strip hitam Xabre di sambung ke merah strip hitam MT25 karena fungsinya cuma switch aja...
Yang tidak boleh adalah terbalik antara kabel Starter ke kabel Engine Kill...

Untuk kabel switch lampu rem kanan, bisa memakai aslinya MT25. Sebenarnya agak tidak tega, tapi saya sudah saya buka saja bungkus kabel MT25 untuk mengeluarkan kabel switch rem kanan MT25.
Kalau diliat di atas, kabel coklat dan kuning adalah kabel orisinal switch lampu rem untuk handle rem kanan. Awas jangan terbalik dengan kabel coklat Engine kill Xabre ya..

Setelah selesai, pasang kembali terminal gado gado ini di tempatnya lalu tes dulu untuk memastikan fungsinya.
Kalau semua ok, silakan rapikan semua kabel kabel lalu pasang kembali tangki dan body dengan urutan terbalik...

Satu hal yang saya kurang suka adalah posisi kabel gas yang melintang menghalangi sebagian speedometer. Tadinya saya coba ikat kabel gas tapi ternyata bikin seret karena kabel gas ketarik...jadi untuk sementara saya biarkan dulu deh...


Lha piye iki...


Silakan mencoba ya...









Comments

  1. Keren nih infonya mas,,oiya saya juga pakai saklar xabre diMT25 mungkin saya ganti skitar bulan september atau okt 2018..awalnya ada masalah juga karena kabel gas menghalangi area speedometer. Trs saya coba tanya mekanik yamaha emg bisanya begitu karena kalau ditaruh lewat bawah bakal nyantol..
    Lalu mekanik yamaha ngakalin bisa ditaruh lubang kanan samping kunci kontak mas,,jdi lebih enak dipandang deh..

    ReplyDelete

Post a Comment