Timer elektronik

Setelah minggu kemaren super sibuk kejar dua deadline, salah satunya Virtual Dress menggunakan Kinect untuk event BrightSpot, akhirnya kelar juga bikin timer buat pompa kolam.
Saya punya kolam ikan, yang sebenarnya sekarang sudah malas ngerawatnya. Jadi dulu saat merenovasi rumah, saya bikin kolam ikan buat bagus bagusin pemandangan...Ini penampakannya:


Nah setelah sekian lama, saya mulai capek ngurusinnya...soalnya beberapa waktu sekali mesti kuras karena lumut tumbuh subur. Tapi ternyata nanny nya anak saya suka sekali ikan, jadi dia bilang biar dia yang urus...Horee...

Pompanya biar irit listrik tidak saya nyalakan terus, tapi saya nyalakan seperlunya...lama kelamaan capek juga cabut dan colok, akhirnya saya beli timer elektronik...
Enak pake timer elektronik, tinggal set waktunya dan pompa akan nyala dan mati sendiri sesuai yang telah diatur.
Setelah sekian tahun, mungkin 4 tahun, si timer sudah mulai pikun dan akhirnya matot. Sialnya saat saya sekeluarga keluar kota beberapa hari, walhasil pas pulang bergelimpanganlah para ikan..ada kali 11 ikan tewas...
Si nanny yang sedih melihat ikannya tewas...mungkin belahan jiwanya atau gimana saya gak ngerti juga...hehe
Akhirnya saya bikin sajalah timer elektronik pakai arduino, soalnya capek juga kembali colok dan cabut....
Bikin timer ini gampang, saya pakai arduino nano, RTC DS1302 dan relay satu channel. Ini penampakannya:

Kenapa pakai RTC ( real time clock ) board?
Tadinya saya sempat bepikir gak perlu pakai RTC board, apalagi arduino ada library RTC sendiri. Tapi problemnya jika tidak pakai RTC board, jika listrik mati maka Arduino akan reset dari awal, dan artinya semua jam akan kacau mengikuti waktu resetnya...tau sendiri lah PLN gak bisa diharapkan nyala terus uninterrupted..
Jadi saya beli RTC board DS1302, itu yang murah...walau katanya driftingnya lumayan gede, tapi gapapa lah..ini bukan project maha penting, kalau waktunya bergeser paling hanya saat mulai dan matinya saja...
Untuk librarynya saya pakai punya virtuabotix ..enak ga ribet, tinggal set MyRTC blablabla, dibanding library DS1302 dari arduino yang...beuuuh ribet..
Board RTC ini berfungsi mensuplai waktu ke arduino dan di backup dengan batre koin. Jadi jika listrik mati, saat nyala Arduino akan disuplai waktu yang benar oleh board RTC ini dan bukan reset dari awal lagi...
Untuk power supply arduino saya pakai charger USB bekas..yang penting mampu supply 5V ke arduino nano.
Terus kenapa ribet bikin pake arduino? Kenapa gak beli timer elektronik lagi aja?
Yaaaa...seneng aja bikin sendiri walau penampakannya berantakan...huehehe
Demikian...

Comments