Papas jok MT25

Sebelum pakai MT25, saya pakai Byson. Waktu itu tahun 2010 beli bekas, karena dealer selalu ngarahin beli cicilan dan kalau beli cash pasti inden lama...nyebeli...
Akhirnya saya beli bekas saja tapi baru pakai 4 bulan. Kondisi beli waktu itu joknya sudah dipapas dan enak duduknya.
Nah setelah Byson diganti MT25, saya merasa duduknya gak seenak jok Byson. Bukan soal tebal atau tipisnya busa, tapi bentuknya papasan jok Byson itu kok enak buat diduduki. Sedangkan MT25 ini mungkin karena masih satu produksi dengan R25, bentuknya masih terlalu sport dan agak nungging. Jadinya buat diduduki sejam lebih rasanya kok panas gitu...huehehe

Ini bentuk jok Byson yang sudah dipapas..
Tandem seat Byson dipapas jadi mirip split seat


Akhirnya saya melipir ke Afas Jok di cempaka putih. Banyak yang merekomendasikan jadi saya coba saja.



Setelah saya menyebutkan keinginan saya, deal harga 200ribu dan jok pun dibongkar. Dipapas dan saya tes duduk. Lebih rendah dan sepertinya tidak terlalu nungging lagi. Setelah saya ok, barulah dibikin mal kulit jok dengan bahan MBTech. Saya sengaja minta yang simple elegant saja, malas yang belang belang beda warna...Tadinya saya minta benang warna merah, tapi akhirnya gak jadi..biarin ada detail jahitan tapi gak mencolok...

Split seat MT25 setelah dipapas

Pak Ratno sedang menjahit

Setelah menunggu sekitar 45 menit, ini hasilnya. Rapih juga...



Setelah selesai saya pun pulang, perjalanan pulang sekitar 30menit...
Sesampainya dirumah, walah, kok pinggang terasa pegal sekali? Waduh ada yang gak bener ini...
Saya amati jok apa kira kira salahnya, lalu saya sadar bahwa bentuknya salah... huehehe...
Pengamatan saya adalah jok dipapas terlalu banyak ke depan. Kalau saya geser duduk saya ke depan, akan pas bentuk dudukan jok dan posisi , maap, bokong saya, tapi masalahnya terlalu kedepan sehingga selangkangan terjepit tangki... walah gawat dong
Nah pada perjalanan pulang itu, supaya selangkangan selamat dari tangki, saya duduk agak mundur...masalahnya adalah karena dipapas terlalu ke depan, bentuk joknya miring lebih curam sehingga pinggang saya posisinya gak netral tapi agak turun, tambah lagi saya sudah ganti setang lebih tinggi sehingga pinggang betul betul gak netral dan bertahan miring selama perjalanan...pantas saja pegal banget...
Ya sudah, besoknya saya balik ke Afas Jok, dan untuk membuktikan teori saya, selama perjalanan dari rumah ke Cempaka Putih, lokasi Afas Jok, saya coba relakan duduk kedepan dan selangkangan terjepit tangki 😕
Dan benar saja, sampai di Afas Jok pinggang saya selamat gak merasa pegal..
Ya sudah, sampai di Afas, saya bilang keluhan saya dan jok kembali di bongkar. Sekarang tujuannya adalah ditambah busa dan dikembalikan bentuknya hampir seperti aslinya tapi dengan penyesuaian sana sini. Bahan tambahan pun saya lihat tidak seperti busa standar jok MT25, tapi lebih berongga...saya curiga akan lebih empuk 😁

Tambahin busa
Dibentuk supaya pas


Setelah ditambah busa lalu dites kembali, saya coba duduk duduk dan merasa masih kurang. Akhirnya pak Ratno, pemilik Afas, pun mencoba duduk, dia bilang " Saya coba duduk pak, biasanya saya tau masalahnya"
Setelah dicoba duduk sendiri oleh pak Ratno, disimpulkan kurang begini kurang begitu...saya juga gak ngerti apanya soalnya pak Ratno cuma bilang ke asistennya " kurang begini " sambil gerakin tangan mirip magician, wuzzz...mungkin pakai bahasa kalbu yang cuma dimengerti mereka 😀
Jok pun ditambah lagi busanya oleh asisten pak Ratno. Setelah di lem dan dibentuk lagi, jok pun saya tes duduk lagi...
Nah, ini baru uwenak.....😀
Ok bungkus! Jok pun dibungkus lagi dan di staples dan dipasang rapih. Saya nambah 25ribu buat nambahin busa ini. 


Balik seperti semula tapi lebih empuk

Tes perjalanan pulang pun tidak berasa pegal seperti kemaren. Sekarang tinggal tes touring untuk membuktikan apakah racikan baru ini bisa menghilangkan keluhan panas setelah sejam touring..
Tapi jujur saja saya duga tidak akan seenak Byson sih, karena bagaimanapun basisnya MT25 adalah sport YZF R25 dengan single split seat. Kalau Byson kan tandem seat..otomatis lebih lebar dan lebih ergonomis. Ya setidaknya usaha dulu yah 😀

Comments