Ganti fender belakang dan spion MT25

Pengen juga kaya alay...hahaha becanda😁
Jadi saya ganti fender belakang dengan model minimalis / tail tidy, beli di tokopedia. Lampunya ternyata mesti ganti juga karena beda dudukan, ya udah sekalian beli lampu variasi sekalian flasher nya karena lampu LED.
Yang nyebeli, saat saya coba buka fender belakang. Sudah berjibaku buka baut baut sana sini, ternyata oh ternyata, fender belakang cuma diikat 4 baut yang bisa langsung dibuka dengan membuka jok belakang...hu..hu...huarakadah


Posisi 4 baut fender belakang

Satu set fender belakang

Nah, dengan membuka fender belakang ini, ternyata meng expose beberapa lubang. Gawat ini kalau musim hujan, bakal masuk air kecipratan roda. 
Tail tidy yang saya beli tipenya memakai plat dengan 4 baut. Tipe yang lain memakai cuma 2 baut, sehingga bisa membeli fender kecil belakang untuk menutup lubang ini #salahbeli
Akhirnya saya membuat penutup dari mika tipis dengan bikin mal dari fender original lalu saya cat hitam, setelah itu saya jepit antara spakbor belakang dan dudukan tail tidy sehingga menutupi lubang. Jelek ya? Ah biarin, gak keliatan..hehe



Untuk kabel lampu sein, saya bungkus dengan pembungkus kabel biar terlihat rapi sedikit, lalu saya sambung lagi ke konektor aslinya yang dibungkus plastik bening. Sedangkan lampu plat nomor tidak saya pasang karena di tail tidy tidak ada dudukannya.


kabel dibungkus

Sekalian alay, saya ganti spion yang kondang dengan nama spion tomok. Saya beli yang model segi tiga, soalnya aslinya kan sudah segi lima, masa beli segi lima lagi..😌 
Pas buka baut spion, saya sempat bingung, karena yang kiri dan kanan beda arah...hahaha baru tahu saya...jadi yang sebelah kanan buka bautnya terbalik ke arah kanan. Ya sudah setelah buka yang ori lalu pasang yang tomok, nah ternyata ada masalah baru lagi.
Yang sebelah kanan mentok dengan tabung minyak rem saat setel posisi. Kalau dipasang lurus sih tidak mentok, tapi gak bisa lihat belakang. Jadi mesti ditinggikan sedikit. Di spion ori MT25 sebenarnya sudah ada semacam baut pengencang yang tinggi, nah ini saya pakai sebagai spacer. Tapi masih kurang tinggi sedikit, masih mentok ke tabung minyak rem.
Akhirnya saya browsing lagi tokopedia dan ketemulah...
"Baut peninggi spion Yamaha!!!" ( bayangkan Doraemon lagi teriak ).
Dan masalahnya belum kelar...Jadi setelah baut sambungan ini sampai, ternyata baut yang diberikan oleh spion variasi ini jadi terlalu panjang jika dipasang ke baut peninggi / sambungan ini. Akhirnya berburu lagi deh saya, dan ternyata cukup susah mencarinya. Yang paling sulit adalah mencari baut ulir kiri. Tadinya saya sudah mau ke Glodok karena ada toko yang konon lengkap sekali, Sinar Laut namanya, tapi dapat info dari teman coba aja dulu di Otista. Ya sudah saya ke Otista coba cari, dan ketemulah baut ulir kiri ini..
Posisi tokonya kalau dari Dewi Sartika ada di sebelah kiri, setelah toko yang menjual variasi Vespa, sayangnya saya lupa nama tokonya...haha
Sebenarnya kurang indah sih, tapi sementara ini gak apa apa deh. Kalau ada waktu saya mau coba ke Glodok cari baut ulir kiri yang panjang supaya bisa diberi spacer.


Posisi spion kanan yang ditinggikan sekitar 3 cm


Posisi spion kiri memakai baut dari spion variasi

Sekalian juga pasang MudGuard. Beli yang universal saja, eh ternyata dudukannya tidak pas. Karena arm MT25 ini meninggi sedangkan yang saya beli sepertinya didesain untuk arm kotak. 


'Kuping'nya mesti dipotong

Ya sudah saya bawa ke tukang las dan minta dipotong kupingnya, lalu saya cat hitam lagi. Pasangnya mesti kendurkan baut roda belakang dulu dengan kunci 22, lalu pasang dudukan ini dan baut kembali.
Setelah kupingnya hilang, baru bisa dipasang.

Tapi sepertinya sudah takdir saya untuk beli barang yang tidak PNP..hahaha...
Masalahnya sekarang adalah posisi mud guard yang tidak center...haiyah
Tidak center ini karena posisi dudukan yang terlalu kanan, jadinya saya mesti geser pegangan mud guard supaya lebih ke kiri. Masalahnya adalah baut bautnya terlalu pendek. Berburu baut lagilah saya, untungnya baut mud guard itu umum didapat.


Dengan baut panjang dan spacer

Posisi sudah center

Saya juga pesan Reflector / mata kucing, karena di tail tidy tidak disediakan dan rasanya sayang pakai aslinya MT25. Kenapa saya bela belain pasang? Karena tidak sengaja lihat Undang undang lalu lintas, bahwa reflektor termasuk kelengkapan kendaraan..Ini saya kutip:


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285:
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Daripada kena masalah kalau ada razia, ya sudah saya bela belain pasang deh...hehe
Saya pasang dengan plat sisa klakson lalu saya tempel di Mud Guard pakai double tape 3M khusus automotive, kuat banget nempelnya.

Terakhir, saya ganti klakson model keong. Sebenarnya saya sudah ganti klakson disc standar yang bunyinya seperti tikus kegencet itu dengan klakson disc Hella stereo. Lumayan sih, ada efek stereonya, tapi masih agak kecil suaranya, agak kurang cocok, seperti Mike Tyson yang sangar tapi begitu ngomong kok cempreng 😁 Apalagi waktu service ke BeRes, montirnya mencet klakson dan ngomong ke saya " suaranya emang kecil gini pak?"
Wah langsung merasa terhina saya...hahaha
Ya sudah gantilah...cuma posisinya agak sulit, saya maunya tersembunyi, seperti dulu saat saya pasang klakson 'kapal' di Byson yang bisa sembunyi sempurna dalam tangki.
MT25 tidak memungkinkan itu, setelah coba bongkar tangki MT25, tidak ada ruang yang cukup untuk menyembunyikan klakson keong. Terpaksa saya letakkan dibawah radiator. Agak riskan sih karena terkena hawa panas dari knalpot, tapi biarlah saya tes dulu, soalnya motor juga jarang saya pakai...hehehe
Pasang klakson sih sudah banyak yang bahas, cuma umum saja pakai relay supaya suaranya gak melempem.
Sekarang kalau mencet klakson dikit dikit aja, keras banget soalnya..huahaha






Comments

  1. Om, lampu sein variasi (LED utamanya) yang pas dengan rumah sein original MT 25 apa yah om, boleh share merk atau jenisnya nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya juga kurang tau ya om, tapi kalau liat liat di tokopedia, coba cari untuk Vixion, misalnya https://www.tokopedia.com/onestopmodifed/lampu-sein-led-jpa-new-vixion-advance-nva?trkid=f=Ca0000L000P0W0S0Sh00Co0Po0Fr0Cb0_src=search-product_page=1_ob=23_q=lampu+sein+led+vixion_catid=1309_po=7
      Kalau liat dudukannya sepertinya mirip dengan dudukan asli MT25

      Delete

Post a Comment