Ganti velg Chemco dan ban Aspira Premio Sportivo di MT25

Udah beberapa bulan makan gak enak karena mikirin mau ganti velg dan ban... #lebay 😁
Mau ganti, agak sayang karena gak butuh butuh amat, tapi kok pengen nambah ganteng si MT...bolak balik gak kelar kelar akhirnya putuskan saja beli, daripada kepikiran melulu...hahaha
Nah memutuskan beli velg apa ternyata cukup ribet, sayanya yang ribet maksudnya....
Ada beberapa pilihan merk, ukuran dan harga. Setelah baca sana sini akhirnya saya putuskan beli velg Chemco depan belakang satu set, depan lebar 3" dan belakang lebar 4.5"..naik sedikit dibanding aslinya yang 2.75" dan 4"...

Alasan saya pilih Chemco adalah:
1. merk OEM, yang dipercaya bikin velg original di Indonesia,mengantongi sertifikasi ISO dan SNI...setidaknya yang saya tahu merk Kawasaki Indonesia mempercayakan pada Chemco
2. Sepasang, depan dan belakang. Ada juga merk yang bikin depan dan belakang dan lebih murah, tapi saya pilih Chemco karena alasan diatas. Motor beberapa kali saya pakai turing jadi lebih baik pakai asesoris dari merk terpercaya daripada di tengah jalan dan luar kota ada apa apa. Ada juga merk lain yang hanya bikin belakangnya saja walau lebih lebar.
3. Beda motif. Kan jadi keliatan ganti velg? Hehehe..
4. Relatif ringan.

Akhirnya putuskan Chemco saja walau benernya sih pengennya ukuran lebar belakang itu 5" biar lebih terlihat kokoh...ya sudahlah, ukuran 4.5" ada baiknya juga karena jadi tidak terlalu berat...tapiiiiii.....
Nah, ada tapinya...
Cari velg Chemco ini susahnya minta ampun. Saya hubungi beberapa toko online rata rata tidak ada stock. Ada satu toko yang ready stock, tinggal satu, tapi warna putih. Gak mau ah. 
Kok susah amat ya velg ini? Salah satu toko online memberi tahu saya semenjak CBR 250RR keluar ( dan motif velgnya mirip dengan motif Chemco R25 ) velg ini langsung susah dicari...Entah ada hubungannya atau gak, karena velg CBR250RR berukuran 2.75" dan 4" dan dibuat oleh Enkei bukan Chemco.


Palang 7 Chemco R25 / MT25

Sepintas mirip, tapi CBR250RR palangnya lurus sedangkan Chemco palangnya agak 'curvy'.

Saya sempat pikir menyerah dan ganti merk sebelum akhirnya teringat bahwa Yamaha menjual resmi velg Chemco.
Akhirnya saya ke Yamaha pusat di Cempaka Putih. Disana ready stock dua unit, biru dan hitam tapi ngejogrok sebagai display. Kalau mau beli, saya ditawari diskon 5%. Saya tanya udah di display berapa lama? Katanya semenjak R25 nongol, yang artinya sekitar 2 tahun. Pas saya cek, kondisinya memang debuan, tapi gak ada peyang dan retak sepertinya...
Hmm.
Hmmmm...
Hmmmmmmmmmm...............................
Gak deh, saya pesan baru aja walau mesti menunggu, kata petugasnya antara 1 sampai 2 minggu...Tebus seharga 3.5 juta, harga resmi Yamaha. Kebijakan Yamaha untuk spareparts adalah non garansi, tapi Chemco sendiri memberi garansi pabrik setahun. Kalau ada apa apa kudu langsung ke Chemco. 
Saya ditanya ama petugasnya, emang suka banget ya dengan velg chemco? Dia bilang sangat amat jarang yang beli, setahun paling satu atau dua orang aja...
Wuehehehe...baguslah, berarti MT saya nanti termasuk yang agak langka pakai velg ChemcoπŸ˜„
Ternyata, tidak sampai seminggu sudah ditelepon, velg udah ready...yey!

Ban saya putuskan Aspira Premio Sportivo, beli sepaket depan (120/70) dan belakang (160/60) 830ribu, memang belum radial tapi buat saya gak masalah karena ban standarnya juga tidak radial. Saya naksir Aspira karena banyak yang bilang performancenya bagus dan harganya terjangkau. Saya bold dan italic karena saya mementingkan price per performance. Secara total performance mungkin kalah dibanding merk yang berharga diatasnya..tapi saya pakai bukan murni performa, wong belok miring miring ampe nyentuh dengkul aja udah gak berani...tapi juga jangan sampai di marka putih di jalan rasanya geol geol kaya ban standarnya...

Bagaimana soal bobot? 
Untuk perbandingan, ban dan velg standar masing masing beratnya adalah:
Berat depan: 8.25kg (kurleb)
Berat belakang: 12kg (kurleb)

Sedangkan ban Aspira dan velg Chemco adalah:
Berat depan: 9.5kg (kurleb)
Berat belakang: 13.5kg (kurleb)

Jadi ada penambahan bobot total 2.75 kg..Masih terhitung ringan untuk ukuran yang lebih besar.
Pasang di bengkel Yamaha dekat rumah, nyesal juga gak pasang sekalian di Yamaha Pusat, jadi bolak balik..
Pas pasang, saya ditawari ganti bearing dan bos baru, atau pakai yang lama dengan cara diketok supaya keluar dari velg lama...
Wow...

Saya tanya berapa kalau ganti baru? Untuk depan dan belakang sekitar 600rb orisinal Yamaha ( depan 100rb belakang 500rb menurut parts catalogue Yamaha)..
Wow..

Barang mesti pesan dulu, kalau cepat 2-3 hari, paling lama seminggu, jadi motor nginep di bengkel..
Wow....

Ya udah ketok aja mas...huehehe...😁 
Ongkos pasang 100rb di Beres Yamaha.

Sekarang MT25 saya makin seksi bokongnya πŸ˜€





Comments

  1. Gan mau tanya, hehe tarikan motor jadi berat gak setelah ganti velg sama ban?

    ReplyDelete
  2. Saya berencana ganti velg belakang r25 jadi ukuran 5inch.. kira kira tarikan jadi berat gak ya.. motor agan gimana gan setelah ganti velg chemco.. akselerasi dll, kira kira banyak gak perubahan nya? Terima kasih gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 5 inch, mungkin tergantung bahannya sih...kalau chemco karena bahannya aluminum, nambah bobotnya gak banyak...total gak sampe 3kg penambahan bobot berikut ban untuk depan belakang...nah kalau velg pakai bahan besi, ada kemungkinan jauh lebih berat. Setau saya chemco ga ada yang 5", adanya merk lain. Saya gak tau data bobot merk lain yang 5". Yang jelas setelah ganti chemco dan naik ukuran ban, saya gak terlalu merasa ada efek negatif, sepertinya malah motor jadi lebih gampang diajak miring miring dibanding waktu pakai ban irc lama...

      Delete
    2. Oh gitu ya gan, oh iya Gan bobot bersih velg chemco brpa ya gan? Bobot velgnya aja tanpa ban maksud nya gan. Hehe

      Delete
    3. wadyuh....saya gak timbang kemaren om...hehehe lupa

      Delete
  3. Gan tanya dong...
    Kalo velgnya 4.5 pake ban ukuran 150/70 17 cocok ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. maaf baru reply...150 kayanya masih cocok di ukuran velg 4.5 om..

      Delete
  4. Bro kalau velg standar di ksh ban depan 120/70 blkg 160/60 bagus ga ya? Dari segi tampilan sama performa

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen saya ada yang pakai segitu ukuran velg standar...kalo bagus sih bagus aja...kalau performa sepertinya relatif tergantung merk ban juga...

      Delete
  5. gan gmn setelah pemakain 1th? apa ada kendala dgn velgnya? misal retak, mudah sepeleng?
    sy jg mau ganti chemco, soalnya lg disc besar2an bgt ini velg. jdi kepincut tp msh ragu sama kualitasnya dibanding oem

    ReplyDelete
    Replies
    1. so far gak masalah om...itu saya pake touring luar kota lho, secara kebanyakan motor dipake turing ketimbang dalam kota...trek luar kota kan banyak yang ajaib, mulai bopeng, mulus sampe keriting...alhamdulillah aman...yang penting tekanan ban dijaga terus agak tinggi biar gak kena velg...chemco ini asesoris resmi yamaha, saya beli juga langsung di yamaha pusat... jadi kayanya gak mungkin kasih asesoris yang kualitasnya jelek....

      Delete
  6. Gan buat aspira premio sportivo pakai yg tipe rs atau gak? Gmana rasanya? Licin kah? Atau recommend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan tipe rs om...karena tipe rs mentok di ukuran 150..saya pakai yang ukuran 160.
      Rasanya baik baik saja, lebih baik ketimbang ban standarnya...terasa lincah, mungkin karena bentuk konturnya...mudah sekali rebahan.....tapi memang ban sport ini cenderung keras. Saat ini sudah saya ganti dengan turino depan belakang, karena pengalaman ban sport bakal menderita di rute berlumpur...hehehe
      Dan saat pakai turino, terasa sekali bahwa ban turino itu empuk tapi tidak selincah sportivo...turino agak lebih susah diajak rebah

      Delete

Post a Comment