DIY Perbaiki spion Mercedes W202

Sepertinya ini penyakit W202..

Sudah dua kali mengalami patah, pertama di kanan dan sekarang di kiri. Yang saya bingung, ada yang versi pakai besi, sedangkan yang patah ini pakai plastik makanya kalau sudah umur akan getas. Apakah beda versi Facelift dan non facelift?

Kalau ada info kabari ya...

Ok, jadi bagian yang patah itu selalu bagian pemegang per. Seperti di ketahui, spion Mercy W202 itu standarnya tidak bisa dilipat, tapi untuk mengurangi resiko patah oleh senggolan, dibuatlah spion ini fleksibel bisa terdorong maju atau mundur dengan adanya dua engsel. Bagian engsel ini dipegang dengan per sehingga kalau terdorong maka akan kembali ke posisinya.

Pernah lihat juga spion yang bisa retract, tapi mahal ah...haha #pedit

Dulu waktu sebelah kanan patah, saya dapat gantinya di Taman Puring Mayestik sekitar 500ribu. Patah yang sekarang bikin saya gatal penasaran apakah bisa diperbaiki sendiri..

Option pertama pakai lem. Setelah liat cara kerjanya, option pakai lem ini coret aja. Tidak akan kuat Fernando...Per nya kuat sekali, pasti lem akan kalah.

Jadi pilihan lain adalah: bikin kaitan per sendiri.

Hmm..gimana caranya?

Sederhana aja, dibuat melingkari tatakan spion. Toh nanti akan tertutup oleh spion dan rumah spion.

Idealnya pakai kawat memang, tapi lagi gak ada, jadi saya pakai cable ties 3 buah....hahaha

Kenapa tiga? Karena yang ready stock di saya cable ties model kecil, jadinya saya triple supaya kuat nahan tarikan per. Mungkin kalau ada satu cable ties yang besar sudah cukup..

Ya sudah, bongkar spion, ada 3 baut. Itu di gambar banyak bekas lem...soalnya darurat pakai selotip besar dulu...haha 

Bongkaaar!

Konektor power mirror gampang dicopotnya kok.

Nah, ini bagian yang patah 


Ini per nya yang kuat banget



Nah, cover nya itu di pegang oleh klip. Klip ini harus ditekan / geser dulu supaya bisa dicopot. Ini Handle clip nya.



Ini pemegang per bagian dalam. 



Nah, sekarang ambil cable ties, dan bikin melingkar melewati celah pegangan yang patah itu. Saya ikat 3 cable ties supaya kuat, lalu pegangan per itu di kaitkan ke cable ties. Jujur aja susah #gubrak
Pernya kuat sekali, jadi saya pakai tang buaya supaya bisa tarik per tanpa lepas.




Setelah cek kekuatan, bisa dipasang kembali ke tempatnya. Jangan pasang dulu covernya supaya gampang pasang spion ke lokasinya.







Nah ini kelihatan per nya udah pegangan dengan kuat ke cable ties. Cable ties tidak akan terlihat dari luar karena tertutup karet.




Sekarang pasang kembali cover dan spion kembali normal. Yey!




Semoga berguna!



Comments

Post a Comment