DIY Update Ganti Riser Stang MT25

Ini artikel penting gak penting sih...
Cuma mau tulis aja, kalau saya ganti riser stang dari artikel sebelumnya https://rizawerx.blogspot.com/2016/11/diy-ganti-setang-yamaha-mt25.html   yang pakai riser AHRS menjadi riser entah apa...jelas KW dari riser buat BMW dsb...wong harganya cuma 350ribu ketimbang aslinya yang bisa hampir 2 juta rupiah...😁
Emang kenapa riser AHRS?
Gak apa apa...berfungsi baik dan kokoh, dari pasang dua tahun lalu sampai saya copot sekarang tidak ada masalah...
Tapi setelah turing panjang dan lama, mulai berasa kalau stang masih perlu ditinggikan sedikit..soalnya bahu ternyata masih berasa agak pegal karena tangan masih kurang rileks...posisi bahu agak ketarik kedepan..
Sempat berpikir pakai stang robot yang bisa disetel semua, tapi katanya kurang kokoh...
Apa ganti stang kumis? 😂
Nyaman pasti, tapi ya gimana gitu....gak cocok soalnya saya gak berkumis #facepalm
Apa ganti stang fatbar? sempat terpikir, tapi malasnya mesti setup ulang banyak, rem, gas, dsb dll dst...
Ya udah coba ini dulu aja..bisa di setel mundur...kalo ternyata masih kurang, bisa ganti model fatbar karena bisa buat diameter 28mm


Kiri riser baru, kanan AHRS...tinggi yang kiri sekitar 5,5cm sedang AHRS 4cm


Ok operasi transplantasi dimulai...
Buka semua baut L di AHRS dan fungsikan lagi penutup riser ori MT25. Nah disini masalah muncul..
Kunci L saya ternyata terlalu tinggi, jadi mentok deh...gak bisa dipakai ikat baut L di riser ori MT25...
Gimana caranya? Setelah bongkar bongkar tas perkakas, saya nemu kunci L lama yang murahan...ya udah ini aja di potong..
Sikat!

Kepanjangan...
Siapin gerinda dan potong!

Aslinya..

Setelah disunat..ternyata harusnya lebih pendek lagi...halah..

Nah setelah di potong, baru bisa dipakai untuk mengencangkan baut L..

yey!

Setelah baut sementara, jangan kuat kuat dulu, supaya bisa di setel, letakkan kembali stang Byson saya ke riser baru..

Stang belum dipasang ke riser

Setelah pasang, ya sudah...tinggal di setel maju mundur ( diputar ke belakang ) untuk mendapatkan posisi paling wokeh...

Terpasang..

Oya, hati hati karena dimundurkan, saklar agak mepet dengan tangki..
Saklar kiri mepet abis sisa beberapa mm

Saklar kanan aman...

Kenapa beda? Karena saklar kiri memang lebih tebal body nya...ada tempat sein, ada klakson..otomatis rumah saklar lebih tebal makanya mepet...yang kanan cuma putaran gas makanya lebih tipis..

Ini penampkan sebelum dan sesudah..

sebelum...

sesudah...

Piye rasane?
Perasaan sih sedikiit lebih rileks...nanti touring panjang berikutnya baru bisa terasa.....

Semoga berguna!








Comments

Post a Comment