Desain Motor 3D

Udah lama banget pengen desain motor tapi gak kesampean..mungkin sejak 10 tahun lalu? Atau juga lebih...lupa...( lupa melulu :P )
Setidaknya nyoba juga deh...dan keluarlah desain motor 3D saya, saya namakan Yamaha Krakatoa...Krakatau maksudnya..
Saya lebih suka motor gak pake baju, kayanya manteb gitu liat strukturnya...tapi sumpah paling males nyucinya, capek nyelap nyelipin lap ke rangka dan mesin...
Untuk desain motor ini saya seenak senaknya aja lah, ngarang bebas. Saya bayangkan motor listrik, dimana lokasi baterai berada di posisi umumnya mesin sekarang. Lalu posisi mesin motor DC ada di bawah belakang, kira kira posisi gearbox motor sekarang. Tadinya saya sangat tergoda menempatkan motor DC langsung di roda belakang tapi gak jadi karena sepertinya distribusi bobot ga di tengah lagi, jadilah di posisi yang tadi saya sebutkan..
Untuk penghantar tenaga belum saya gambarkan, tapi rencananya saya pakai belt drive seperti Harley Davidson. Kenapa bukan rantai? Well, saya gak tau pasti, tapi feeling saya mengatakan belt drive lebih cocok karena lebih senyap dan gak 'sekaku' rantai. Kalau motor sekarang kan ada pelat kopling yang sedikit 'meredam' hantaran tenaga, nah kalau motor listrik DC gak ada pelat kopling, jadi hantaran tenaganya bersifat 'direct'. Sekali lagi saya gak tau, gak ada bukti, tapi feeling saya aja bilang kalau belt drive mestinya ada sedikit 'meredam'...mungkin.....ah sotoy aja kaliii...

 



Kenapa Yamaha? Ya karena saya pakai merk Yamaha..huehehehe
Untuk struktur rangka, sebenarnya sih agak lebay besarnya, tapi ya namanya konsep sih boleh lebay kan :P Soal roda depan, tenang sodara sodara, bisa belok kok, udah saya desain bisa belok, jadi gak lurus doang jalannya...huehehehe
Untuk bagian tengah, yang motor sekarang adalah tangki bensin, saya fungsikan sebagai bagasi.
Motor listrik DC saya fungsikan sebagai bagian struktur, ada bautnya jadi bisa gonta ganti motor DC seenaknya...
Tapii...saya belum menemukan lagi waktu untuk meneruskan desain ini, jadi sementara ini saya pending sampai ada waktu kosong...hiks...

Comments