Prototipe Alarm Motor Bluetooth v2, part 3 -Terakhir

Bagian satu disini
Bagian dua disini


Kita lihat sekali lagi penampakan jeroan alarm berikut parts:

Alarm dan jeroan
Power supply berada di kotak terpisah ya...gak cukup soalnya😄

Ok, lalu bagaimana cara kerjanya?
Logic dari prototipe Alarm BlueTooth v2 adalah sebagai berikut:

Dalam keadaan Off:
- Arduino mengirim sinyal ke relay module agar memutuskan arus.
- Jika tombol shock sensor mati, maka alarm akan berjalan dalam keadaan Low Power mode, yaitu sleep / tidur dan bangun setiap 4 detik.
- Jika tombol shock sensor menyala, maka alarm akan merespon setiap guncangan yang melebihi ambang tertentu ( bisa diatur di trimpot shock sensor pakai obeng ) dengan menyalakan modul sirine. Disini saya buat supaya alarm akan menyalak sekali setiap ada guncangan. Malas ribut ribut 😅

Dalam keadaan On:
- Arduino akan langsung menyalakan modul HM10 dan mengecek keberadaan BlueTooth key / iTag.
- Jika tidak menemukan key atau key tidak cocok, maka Arduino akan mengirim sinyal peringatan. Relay module akan tetap mengunci arus jadi motor tidak akan bisa menyala. Jika dalam waktu 7 detik masih tidak ada key, modul sirine akan menyala.
- Jika key cocok, maka Arduino akan mengirim sinyal ke relay module agar terbuka sehingga mesin bisa menyala.
- Jika mesin sudah menyala, Arduino tetap mengecek keberadaan key setiap 5 detik. Dalam skenario motor dibajak, setelah sekitar 10 detik Arduino tidak menemukan key, maka motor akan mati dan alarm menyala. Alarm baru bisa diam dalam waktu 10 menit atau jika key berada dalam jarak jangkauan.

Bagaimana caranya menentukan kunci motor sedang kontak On dan Off?
Dalam setiap kendaraan, selalu ada kondisi kontak On dan Off, paling gampang adalah baca rangkaian kelistrikan dan cari kabel setelah kunci kontak. Paling gampang lagi, cek aja di fuse box / kotak sekring, mana yang aktif saat kontak on..
Untuk cek kondisi kontak On / Off, awalnya saya menggunakan Voltage sensor.
Voltage Sensor, tidak jadi dipakai.

Dalam eksperimen awal sih berjalan baik, yaitu jika Arduino merasa bahwa Voltage Sensor dialiri arus listrik ( Kunci kontak On ) maka kondisi keadaan On akan berjalan.
Tapiiiiiii...ternyata jika Voltage Sensor dipakai di jalur kelistrikan yang sama, Arduinonya diam saja...huhuhuhu...Sepertinya Voltage sensor ini juga berfungsi sebagai pin power. Dalam eksperimen, saya selalu menggunakan baterai 9v dan terpisah dari jalur kelistrikan Arduino, namunsaat di tes di motor, alarmnya diam sajah...tidak respon seperti dalam eksperimen..
Akhirnya saya gunakan saja relay 12v mini yang kebetulan ada. Disini relay 12v saya gunakan sebagai switch, yaitu jika kunci kontak On, maka relay mini akan menyala dan manyambung pin sehingga Arduino tau bahwa kunci kontak sedang On atau Off.
Mini Relay 12v


2 Relay Module
Bisa dilihat ada dua jenis relay di prototipe ini. Relay module adalah relay yang berfungsi sebagai 'gerbang' aktifasi mesin dan modul sirine. Relay ini berjalan dalam 5v karena diperintah langsung oleh Arduino dan berupa modul, dimana board module yang akan mengatur segala perintah dari Arduino.
Satu lagi adalah relay 12v tapi dalam bentuk mini. Relay ini yang bertanggung jawab mengirim sinyal ke Arduino untuk menentukan kondisi On atau Off.

Bagaimana dengan BlueTooth key / iTag? Apakah sembarang iTag bisa menyalakan prototipe ini?
Oh tidak tenang saja. Setiap iTag adalah unik, tidak ada yang sama. Mungkin ada yang sama tapi sangat kecil sekali kemungkinannya. Mirip seperti alarm berbasis RFID yang saya buat sebelumnya. Sebenarnya semua alarm mobil atau motor yang menggunakan gelombang radio pun ada kemungkinan sama, tapi kecil sekali kemungkinan itu.
Arduino ini pun sudah saya set hanya bekerja dengan dua iTag yang saya miliki, itupun kondisinya 'or', kalau sudah dengan yang 1 maka yang 2 gak akan nyambung dan sebaliknya (Saya menggunakan tombol OnOff untuk memilih key. Jika on, maka pakai key 1, jika off maka pakai key 2).

Jadi apakah benar benar aman?
Mmmmmm.........
Saya gak berani bilang 100% aman, wong di luar negeri mobil mobil canggih yang alarmnya jadi satu dengan mobil aja bisa kebobolan 😕
Pasti bisa sih dibobol, tapi kudu niat banget nge hack nya...sepertinya diembat dengan cara diangkut ke mobil akan lebih mudah 😈

Sebenarnya saya sangat tergoda untuk benar benar membuat motor saya keyless. Tinggal satu langkah lagi untuk membuat motor saya benar benar keyless. Yang perlu saya lakukan hanyalah menambah satu switch OnOff di motor, lalu kabel kontak dari kunci motor saya alihkan ke switch ini. Jika switch nyala, maka alarm langsung mengecek keberadaan BlueTooth key.
Tapi artinya setang motor gak bisa dikunci karena standarnya masih menggunakan kunci, beda hal dengan keyless dari pabrikan seperti Suzuki GSX150R (Walau tetap memungkinkan memakai Solenoid Lock sebagai pengganti kunci). 
Solenoid lock

Ya sudahlah saya tetap pakai kunci aslinya, jadi tidak terlalu merubah kelistrikan.

Saya belum ketemu waktu yang pas untuk pasang di motor...nanti jika sudah akan saya tulis artikel lagi...
Ciao.

Comments

  1. Mas kok ga dilanjutin, seru ini projectnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dipasang malah mas...hehehe....http://rizawerx.blogspot.co.id/2017/12/install-prototipe-alarm-bluetooth-part-2.html

      Delete
  2. kalo aku buat versiku sendiri kaya gini, untuk tau kunci kontak lagi on coba pakai modul sensor arus. sejatinya kalo kelistrikan tidak stabil atau ada lonjakan karena ada arus untuk nyalakan lampu, arduino suruh cek tag bluetooth hadir gak

    ReplyDelete
  3. projeknya bagus mas, tp aku kesulitan cari hm 10 yg asli, kalo boleh tau ciri2 yg asli kaya apa ea mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri paling gampang adalah adanya kristal di bawah chip mas...kalau kosong / tidak ada kristal, hampir pasti itu fake....jujur aja saya sudah rubah lagi sekarang tidak pakai BlueTooth ini lagi...saya pakai nodemcu yang lebih ringkas tapi masih dalam proses testing...nanti akan saya share kalau sudah saya anggap stabil

      Delete
    2. lanjutkan kreasinya semoga bermanfaat

      Delete
  4. boleh minta skema Prototipe Alarm Motor Bluetooth v2 ga, bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh...saya paling bingung bikin skema mas..saya coba fritzing malah berantakan...sebenarnya sih gak ribet kok mas, tiap modul pasti mesti disambung plus dan minus...di arduino pasti ada pin GND / ground dan 5V untuk positif. Problemnya kadang pin gak cukup tapi tinggal di paralel aja...lainnya tinggal sambung ke pin untuk data....Untuk alarm bluetooth ini sudah saya afkir kan mas, saya lagi tes berdasar wifi sekarang...jauh lebih ringkas dan stabil ketimbang bluetooth sejauh ini...nanti saya posting kalau saya anggap cukup yah...

      Delete
  5. Mas saya boleh mintak kode programnya ngk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas https://drive.google.com/file/d/1UXYwTPl_R5OllOavYnVjrCg3aD0ahEfs/view?usp=sharing
      saya ada yang vrsi wifi, tapi belum sempat posting..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mas klw koding utk mematikan mesin secara otomatis klw blututnya diskonek gmna mas?? Saya pke hc05 konek ke HP...

      Delete
    4. gak bisa mas kalau pakai HP....itu sebabnya saya pakai BLE 4 dan iTag. Saya gak nemu caranya....

      Delete
  6. yang mini rilay seabai swicth on off ke pin arduino berapa ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa apanya mas? harganya? 4000 - 10000 satunya

      Delete
  7. jarak jangkau itag kan bisa 10M mas bisa ga di persempit jadi 1 meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori bisa, tapi sepertinya itu masuk firmware...sekarang saya juga tidak tau gimana caranya tulis firmware ulang itag, atau gimana caranya konek ke itag untuk firmware ulang...di google play banyak software untuk konek ke bluetooth, tapi saya belum utak atik apakah bisa dipakai untuk tulis firmware ulang....

      Delete
  8. assalamualaikum mas Riza tanya, ini sy dengan asep jusep, saya coba sketch nya di modul nano arduino dan saya masukin address iTAG nya FFFF400E6B80, tapi ga mau konek ya pak, ada yg salah ga ya sy dalam upload nya?

    ReplyDelete
  9. sketch mas Riza saya copy paste, dan sudah saya masukan address iTAG nya :

    BTSerial.print("AT+CONFFFFF400E6B80");
    //Mac address iTag, ini sebenarnya peninggalan sistem lama. Tiap iTag berbeda.
    //Cek iTag yang dimiliki pakai BLE scanner di smartphone
    //Ganti xxxxx itu dengan nilai mac address iTag hasil scan dengan BLE scanner
    }

    itu potongan sketch yg saya ambil dari mas, tetap tidak bisa konek mas riza,
    apa nya yg salah ya?

    void btSensor()

    ReplyDelete
  10. mas punya no WA? mas riza bisa dapat sketch aslinya? sy mau kirim foto atau video nya simulasi ga bisa cara kirimnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf very late reply mas...kemaren2 saya sibuk berat, baru ada waktu lagi...
      saya sampai rakit ulang, beli batre cr32 untuk iTag saya, itupun setelah ubek2..untung ketemu..haha
      intinya, saya gak masalah mas, tetap bekerja seperti seharusnya...pastikan pin TXD dari Bluetooth module disambung ke pin 8 dan pin RXD ke pin 9 di arduino..
      ini link sketch arduino nya https://drive.google.com/file/d/1MIzlCjZQ6EB_4YV-Zcs8Hj1GbPwKrvVr/view?usp=sharing

      Delete
  11. Mas Riza sudah saya klik link nya tapi file nya sdh tidak ada dan tertulis : Sorry, the file you have requested does not exist. bisa diemailkan mas ke :
    asepjusep1970@gmail.com
    ase_pj@yahoo.co.id

    terima kasih mas Riza

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya post disini sekalian mas https://drive.google.com/file/d/176RHtvvCb2-5b0qZe2ZH4HhHnpNJkuRO/view?usp=sharing

      Delete
  12. mas bole minta code programnya mas untuk belajar

    ReplyDelete

Post a Comment