Review oli Castrol Magnatec Stop Start

Satu kata: puas!
Saya coba pakai di Suzuki Ertiga lansiran 2012 beli dari baru. Semenjak baru hingga odometer menunjukkan 50ribu, saya selalu service di bengkel resmi pakai oli standar dari bengkel resmi. Setelah lewat dari 50ribu yang artinya semua jaminan garansi sudah tidak berlaku, saya gak service ganti oli di bengkel resmi lagi.. Huehehe..
Saya akhirnya mencoba oli Castrol Magnatec Stop 
Start, beli di Toda Kelapa Gading saat odometer menunjukkan 55ribuan bulan Desember 2016.


Awalnya jujur aja, berasa kurang enak. Mobil seperti agak berat, yang membuat saya agak menyesal pakai Castrol. Tapi saya coba biarkan dulu, siapa tau hanya awalnya saja. Dan benar, setelah itu pemakaian mobil jadi normal kembali bahkan yang membuat saya terkejut adalah konsumsi bensin jadi irit.
Sebetulnya saya suka skeptis kalau ada iklan oli yang bilang bikin irit, masa iya bikin irit? Tapi setelah mengalami sendiri, ya percaya deh๐Ÿ˜
Pertengahan Maret konsumsi bensin kembali boros, yang membuat saya berpikir mungkin olinya sudah tidak efektif walau baru 3000an kilo, tapi ternyata saat cek tekanan angin, sudah berkurang, tinggal 26 psi, padahal pake Nitrogen yang katanya awet... Saya naikin ke angka yang biasanya saya pakai, 33 psi,lalu tambahkan Nulon fuel cleaner karena mau ganti oli. Eh, kembali irit, bahkan melewati saat masih baru lalu. Dulu waktu masih baru, konsumsi bensin teririt berdasarkan MID adalah 1:20an dengan kondisi jalan keluar kota sendirian via tol, kecepatan normal 80km per jam pakai Pertamax. Kalau di MID 1:20, biasanya perhitungan metode full to full adalah 1:16.
Nah dengan oli Castrol ini, saya bahkan mencapai di MID 1:21.5, bahkan sempat 1:21.9, dengan kondisi mirip, bahkan kecepatan suka masuk 120km per jam. Yang hebatnya, pada kondisi mesin sudah mencapai 60ribuan dan bensin cukup Pertalite๐Ÿ˜Š
konsumsi bensin menurut MID, difoto setelah sampai di rumah

Kesimpulan saya, sekarang saya percaya bahwa oli bisa bikin irit ๐Ÿ˜€
Oya, artikel ini gak di sponsori oleh Castrol kok, saya cuma puas pakenya.
Apakah oli Castrol bisa bikin motor saya irit juga gak ya? ๐Ÿ˜€





Comments