DIY Ganti mika sein spion Suzuki Ertiga

Ertiga saya sudah cukup berumur, hampir 5 tahun, sudah cukup banyak efek perang di jalanan alias bocel bocel pemakaian. Namanya juga dipakai jadi pasti ada senggolan sana sini.
Mika sein spion kanan saya sebenarnya udah pecah lama. Awalnya sekitar 3 tahun lalu sepertinya, tapi kecil. Saya juga tidak tahu pecah kenapa, mungkin kerikil, tapi karena kecil saya biarkan saja. Nah dua bulan lalu lumayan besar pecahnya, kena dinding saat parkir di rumah...hehehe...
Karena lumayan besar pecahnya dan dekat dengan LED, saya kawatir saat hujan akan mempengaruhi LED, mati maksudnya. Jadinya saya putuskan mau ganti.
Pas lihat harganya, wow 800ribu satu set spion. Walau Ertiga saya ada asuransi, tetap saja saya harus keluar 300ribu sebagai biaya sendiri. Not worth it. 
Saya coba browsing, eh ketemu ada yang jual hanya mikanya saja di toko online. Ya sudah saya pesan, cuma 25ribu saja.

Gimana masangnya? Yuuuuuk cobaaaa...

1. Copot kacanya dulu. Caranya gampang banget, tinggal congkel aja pake jari. Selipin jari terus tarik deh. Rada gak tega di awal tapi emang mesti demikian...hehehe..Omong omong, jadi mikir...ini kalau ada yang mau maling gampang bener ya? 😔

Kaca spion cuma nge 'klik' ke tiga titik..


2. Cukup dengan congkel sedikit klip cover, lalu dorong.
Sebenarnya tidak perlu buka baut motor spion. Itu saya buka karena saya tidak tau..

3.Ini bagian dalam cover spion, untuk memperlihatkan lebih jelasnya posisi klip.
Bagian yang seperti tanda 'plus' itu agak susah dibuka, jadi hati hati saja.

4. Copot rumah sein dengan melonggarkan dua baut, kalau di saya dua baut itu sudah patah...hahaha.... jangan lupa kabelnya di copot dulu.





5. Mika sein dilem, jadi mesti buka pelan pelan dengan cara dicongkel. 


6. Nah ini setelah mika sein sudah terbuka.
7. Pasang mika spion yang baru lalu lem kembali. Saya sih pakai silikon aquarium saja...hehehe...tunggu kering lalu tinggal pasang kembali ke rumah spion.

Mika sudah diganti baru, pasang kabel lagi dan tes nyala.
8. Pasang lagi deh covernya, cukup dorong sampai klip mengunci. Pasang kaca spion lagi dengan dorong sampai klik. Memang posisi kaca dan motor pasti berubah, tapi gapapa kok.
Rapi lagi deh...yey!

Gampang kan? Semoga berguna..






Comments

Post a Comment