DIY Pasang Top Box Shad SH45 di MT25

Akhirnya saya menyerah...tadinya berkeras gak pasang Top Case biar gak dibilang bawa rice cooker 😀
Tapi ternyata bagaimanapun tetap butuh kalau turing atau mesti bawa barang agak besar. Mau pake mobil kok macet di Jakarta tapi gak pake Case / Box ya ribet bawanya...
Akhirnya berburu Top Case di toko online... Pilihan saya Givi atau Shad. Untuk kapasitas saya pikir 40an Liter...
Pilihannya untuk Shad adalah SH39, SH40, SH42, SH45 dan SH48.
Untuk Givi, E43 dan E45.
Nah sekarang bracket. Saya sempat pikir pakai yang lokal seperti Kucay ataupun beberapa bracket lokal, tapi sayangnya saya gak suka modelnya. Sempat naksir Kucay tapi kok gede. Ada juga model WingRack tapi sama kok gede banget kaya mau terbang...
Akhirnya saya  tetap pilih aslinya aja. Untuk Shad, bracket khusus MT25 seharga 450an ribu. Untuk Givi 1.1 juta...wew...mahal amat?
Liat liat model, kok saya lebih suka Shad...ya udah saya pilih Shad. Pertimbangan saya pilih Shad juga salah satunya kalau mau expand ke side case, bracketnya tetap minimalis ketimbang Givi, untuk Shad pakai model 3P. Yang Givi bracket side case nya buat saya pribadi berasa kaya liat panggangan BBQ...hehehe sori buat pemakai Side case Givi 😁 masalah selera aja 😀
Sekarang Shad tipe apa?
Saya naksir dengan SH39, detailnya keren. SH40 agak terlalu kotak. SH42 simple sekali malah terlalu sederhana. SH45 bentuknya okelah. SH48 keren mantab tapi diluar budget.
Akhirnya ada tetangga, pak Joni, yang pakai SH45. Ya sudah saya coba liat liat pakai SH45 pak Joni di MT25. Sepertinya ok...(Nuhun kang Joni)


Nuhun pisan kang Joni

Akhirnya pilih SH45 aja, yang SH39 walau saya lebih suka detailnya tapi lebih kecil dan lebih bulat, lebih mirip rice cooker...hahaha😀

Ok pesan SH45 seharga 1.020.000 dan bracket 425.000 di Tokopedia nama tokonya almer helmet. Pelayanan mantab dan cepat. Sejam Gojek udah datang di rumah antar barang...langsung bongkar dan pasang..

Untuk pasang bracket Shad, mesti bongkar side panel dan rear panel. Rear panel cukup di copot beberapa baut aja, gak usah semuanya sih dicopot. Buat apa rear panel setengah dicopot? Supaya kunci L bisa buka dudukan grip belakang...itu aja...soalnya satu bautnya ada di sisi samping yang tertutup panel..







Setelah itu bongkar juga dudukan rear foot step.
Lalu bongkar dudukan tanduk wifi rear handle. Dudukan ini akan diganti dengan dudukan dari Shad.



Posisi baut yang mesti dibuka. Yang baut L samping ini yang mengharuskan rear panel dilonggarin.



Asli MT25
Ganti dudukan Shad

Dudukan asli MT25 itu ada karet penutup. Saya sarankan sih tetap dipasang supaya air tidak gampang masuk ke sela sela dudukan.





Sisi bawah setelah pasang footstep kembali..


Karet handle asli MT25 tetap saya pasang


Terpasang kanan kiri..






Tapi entah kenapa, pasang bracket yang kiri lebih sulit ketimbang yang kanan. Bracket kanan cepat pasangnya, ukurannya pas. Sedang yang kiri seperti agak kurang pas bentuknya sehingga mempengaruhi lokasi lubang. Saya mesti begang sana sini supaya baut bisa masuk. Intinya sih sama, baut jangan di pasang erat dulu sebelum semua duduk di tempatnya. Bracket kiri pasang 30 menitan sedang yang kanan paling 5 menit.

Dan ternyata memang hasilnya yang kiri lebih 'kedalam' sekitar 1.5 cm dibanding kanan....weleh miring...
Komunikasi dengan yang jual, disarankan ganjal dengan ring. Ya sudah saya bongkar lagi dan saya ganjal 2 ring di bagian dalam dudukan...manstab...paling meleset 1mm😀 #perfeksionis


Ganjal dua ring..



Setelah bracket terpasang kanan kiri, tinggal pasang Base Plate dan selesai sudah....pasang dan rapikan lagi semua panel body dan rice cooker Top Case siap dipasang.
BasePlate, baut baut akan ditutup oleh panel nantinya

Dan ini penampakan MT25 dengan top case Shad SH45...

Terlihat gede banget karena efek perspektif....


Dan sekarang kok ngiler side case SH23..... 😆







Comments