DIY Update Ganti Riser Stang MT25

Ini artikel penting gak penting sih...
Cuma mau tulis aja, kalau saya ganti riser stang dari artikel sebelumnya https://rizawerx.blogspot.com/2016/11/diy-ganti-setang-yamaha-mt25.html   yang pakai riser AHRS menjadi riser entah apa...jelas KW dari riser buat BMW dsb...wong harganya cuma 350ribu ketimbang aslinya yang bisa hampir 2 juta rupiah...😁
Emang kenapa riser AHRS?
Gak apa apa...berfungsi baik dan kokoh, dari pasang dua tahun lalu sampai saya copot sekarang tidak ada masalah...
Tapi setelah turing panjang dan lama, mulai berasa kalau stang masih perlu ditinggikan sedikit..soalnya bahu ternyata masih berasa agak pegal karena tangan masih kurang rileks...posisi bahu agak ketarik kedepan..
Sempat berpikir pakai stang robot yang bisa disetel semua, tapi katanya kurang kokoh...
Apa ganti stang kumis? 😂
Nyaman pasti, tapi ya gimana gitu....gak cocok soalnya saya gak berkumis #facepalm
Apa ganti stang fatbar? sempat terpikir, tapi malasnya mesti setup ulang banyak, rem, gas, dsb dll dst...
Ya udah coba ini dulu aja..bisa di setel mundur...kalo ternyata masih kurang, bisa ganti model fatbar karena bisa buat diameter 28mm


Kiri riser baru, kanan AHRS...tinggi yang kiri sekitar 5,5cm sedang AHRS 4cm


Ok operasi transplantasi dimulai...
Buka semua baut L di AHRS dan fungsikan lagi penutup riser ori MT25. Nah disini masalah muncul..
Kunci L saya ternyata terlalu tinggi, jadi mentok deh...gak bisa dipakai ikat baut L di riser ori MT25...
Gimana caranya? Setelah bongkar bongkar tas perkakas, saya nemu kunci L lama yang murahan...ya udah ini aja di potong..
Sikat!

Kepanjangan...
Siapin gerinda dan potong!

Aslinya..

Setelah disunat..ternyata harusnya lebih pendek lagi...halah..

Nah setelah di potong, baru bisa dipakai untuk mengencangkan baut L..

yey!

Setelah baut sementara, jangan kuat kuat dulu, supaya bisa di setel, letakkan kembali stang Byson saya ke riser baru..

Stang belum dipasang ke riser

Setelah pasang, ya sudah...tinggal di setel maju mundur ( diputar ke belakang ) untuk mendapatkan posisi paling wokeh...

Terpasang..

Oya, hati hati karena dimundurkan, saklar agak mepet dengan tangki..
Saklar kiri mepet abis sisa beberapa mm

Saklar kanan aman...

Kenapa beda? Karena saklar kiri memang lebih tebal body nya...ada tempat sein, ada klakson..otomatis rumah saklar lebih tebal makanya mepet...yang kanan cuma putaran gas makanya lebih tipis..

Ini penampkan sebelum dan sesudah..

sebelum...

sesudah...

Piye rasane?
Perasaan sih sedikiit lebih rileks...nanti touring panjang berikutnya baru bisa terasa.....

Semoga berguna!


Update
Akhirnya saya ganti stang Byson dengan stang fatbar.
Waw..
Alasan ganti, karena untuk perjalanan turing lama, bahu tetap pegal...weleh
Ya sudah, pesan 1 stang Fatbar seharga 200rb. Sudah dapat raiser, tapi tidak saya pakai, karena saya mau pakai raiser yang sudah saya gunakan.


stang KW...haha



Setelah saya bongkar stang Byson dari MT25, biar sah, saya bandingkan dengan stang Fatbar KW:
Stang Fatbar mencapai lebar 80cm..waw



Keliatan ya, perbedaan lebar stang Byson dengan Fatbar?
Pakai stang Byson dan handguard saja sudah agak kesulitan jika ketemu macet, bagaimana pakai stang Fatbar dan handguard? 
Akhirnya saya potong...dong


Saya potong masing masing 3 cm. Tapi ternyata itu salah bapack bapack...duh
Nanti akan saya jelaskan, tapi kalau mau potong, maksimal 2cm saja masing masing kanan kiri ya...

Nah jadi sama dengan stang Byson, tapi ini salah..

ini ketebalan stang Byson

dan ini ketebalan stang Fatbar...jalu handguard lama gak masuk..


Untuk jalu handguard, karena jalu lama tidak masuk stang fatbar, saya mesti beli lagi jalu baru, kebetulan WR3 ada produk jalu untuk mengikat handguard dengan ukuran stang Fatbar yang lubangnya kecil.
Lalu kenapa saya bilang potong masing masing 3cm itu salah? Karena dudukan rem dan kopling jadi miring...duh
jadi terpaksa saya geser ke ujung luar semaksimal mungkin yang tidak menyebabkan rem dan kopling jadi miring. Ujungnya jadi agak cingkrang deh...ya gapapa sih masih bisa ditutup jalu dan handguard...cuma agak menyesal sedikiiiiit....hehe

terpaksa agak cingkrang wallau nantinya ketutup handguard



Ok deh, pasang semua handgrip, dudukan rem, kopling, sein dan starter....dan hasilnya, setup stang Fatbar ini menambah ketinggian sekitar 1.5cm. Mudah mudahan tidak pegal lagi...

handguard belum dipasang yah..



Duh gak sabar turing...

Ok semoga berguna!


Comments

  1. Replies
    1. saya pake handguard om....jadi gak ada jalu setang...

      Delete
    2. Om, pakai raiser yang maju/mundur apakah kabel yang perlu diganti? Termasuk kabel kopling dan selang rem standarnya?

      Delete
    3. kabel rem cukup punya klx150, kabel gas saya sudah ganti rumahnya punya Xabre om.... cek di link ini: https://rizawerx.blogspot.com/2018/09/pasang-starter-dan-kabel-gas-xabre-di.html

      Delete

Post a Comment