DIY Pasang bracket sidebox SHAD SH23 di MT25

Persiapan!

Apaan?

Jalan jalan......

Emang kapan?

Nah ini belum tau, persiapan aja dulu....hehehe
Yang jelas, jalan jalan ke Dieng waktu itu membuat saya yakin bahwa turinger ganjen kaya saya butuh tempat / bagasi banyak. Wong saya wajib mandi dua kali sehari yang artinya minimal butuh dua stel pakaian.... kaos kaki mesti sedia beberapa stok, balaclava minimal dua... dsb dll dst...belum kalau beli oleh oleh....hwarakadah...
Jadilah saya beli sidecase SHAD SH23 sebagai tambahan bagasi.

Kenapa gak GIVI? 
Karena saya sudah pakai top case SHAD dan saya lebih suka kesederhanaan sistem 3P SHAD...
Kenapa gak gedein aja top case SH45 saya ( baca disini ) ke SH58X?
Karena alasan Center Of Gravity, kalau top case besar otomatis bobotnya berat diatas...kalau side case mudah2an lebih baik COG nya karena lebih bawah.
Kenapa gak sidecase SH36?
Kegedean dan out of budget...hehehe

Jeleknya emang motor jadi lebar sih...mesti extra waspada kalau selap selip dan mudah2an motor di belakang saya lebih sabar kalau jalan terhalang saya di kemacetan....😅

Oya, bracket 3P SHAD ini ada yang tipe universal, ada juga yang tipe khusus motor tertentu. Yang saya beli adalah tipe khusus MT25 / R25 dan ini yang didapat kalau beli bracket 3P Shad khusus MT25:


Paket bracket 3P khusus MT25


Jadi bisa diliat, dapat pegangan kanan kiri, dapat handle kanan kiri dan dudukan kanan kiri. Karena saya sudah pakai bracket top case SHAD , maka saya hanya perlu pegangan kanan kiri saja, dudukan dan handle tidak saya butuhkan.
Omong2, apa bedanya yang universal dan yang khusus motor tertentu? Hanya masalah lubang saja...yang universal lubangnya lebih banyak dan posisi nya bervariasi, sedangkan yang khusus ya sudah diset tertentu saja..Lebih rapi buat saya..

Mari kita longgarkan baut dan dudukan..







 Lalu copot baut di foot peg penumpang, karena akan diganti..


Cukup buka pin yang melingkar


Diganti dengan baut ini


 Setelah itu, saya posisikan pegangan 3P ke top bracket SHAD saya...dan jeng jeng jeng...


Tidak pas...hwarakadah!


Pegangan bawahnya...gak bisa masuk jauh..kalau dudukan atas masuk yang bawah gak masuk..


Ngeselin...beli khusus buat MT25 tapi kok gak plek ketiplek pas....
Wis, longgarin SEMUA baut dulu..knalpot juga longgarkan...eh tapi jangan semua baut motor...khusus bracket ajah...


Baut dudukan Top case

Baut knalpot


Nah setelah semua longgar, baru semua diposisikan dan dipasang ke tempatnya secara pelan pelan...

Nah masuk...lalu pasang murnya



Setelah semua baut masuk, sambil geser geser posisi tentunya, kencangkan pelan pelan dan jangan sekaligus...kencangkan sedikit di satu titik, lalu pindah kencangkan titik lain sedikit demi sedikit...begitu terus sampai kira kira semua sudah pas, baru kencangkan final semuanya...

Jangan lupa, pasang stopper yang sudah disediakan oleh bracket..

Stopper bawaan dari bracket

Selesai?
Tidak saudara saudara...ternyata setelah pegangan kanan kiri terpasang dengan cara yang sama, hasilnya dudukan top case saya miring...

wuasyem!
wuasyu!
wuancoeg!


Bongkar lagi....
Kali ini saya mesti menambahkan ring 2 lapis di handle kanan, dan menambahkan 1 ring ( sudah ada 3 ring ) di dudukan kiri, barulah top case saya bisa pas tengah....


dua lapis ring di dudukan pegangan kanan

total 4 lapis ring di dudukan kiri

Lha ini...baru center..wehehehe

Sekarang, setelah semua bracket terpasang kokoh, mari pasang side casenya....


.............eh?

Hwarakadah, stoppernya beda! Jadi side case mengharuskan tipe stopper khusus...terus buat apa stopper yang disediakan bracket?

wuanying!

Terpaksa harus bongkar lagi bracket sampingnya, soalnya stopper harus di baut yang posisi bautnya sedemikian sehingga obeng pendek sekalipun gak bisa masuk...

Stopper asli dari bracket...

...diganti stopper khusus sidecase SH23

Penampakan hasil akhir kaya apa? Nih dia....

Lebar...

Siap touring jauh...

Total pengerjaan? 5 jam lah kurang lebih 😆

Gak papa, jang penting poeas!

Semoga berguna!

Comments